KY Loloskan 18 Calon Hakim Agung MA ke Seleksi Tahap Akhir

15
Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Yudisial (KY) telah merampungkan seleksi Calon Hakim Agung (CHA) tahap III periode I tahun 2015. Seleksi ini dilakukan KY dalam rangka memenuhi kebutuhan 8 jabatan Hakim Agung di Mahkamah Agung yang kosong.

“Seleksi Calon Hakim Agung tahun 2015 diselenggarakan dalam rangka memenuhi kekosongan jabatan Hakim Agung sebanyak 8 Hakim Agung,” tulis Komisi Yudisial dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (12/5/2015).

‎Pelaksanaan seleksi tahap III  ini dilakukan untuk mengukur dan menilai kelayakan kepribadian CHA melalui profile assessment, penelusuran ‎track record atau rekam jejak CHA didapat KY dari hasil investigasi, informasi dari masyarakat, temuan dalam analisis Laporan Harta dan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pendalaman terhadap self assessment yang dibuat oleh CHA, serta klarifikasi oleh komisioner KY terkait‎.

Self Assessment telah dilaksanakan pada 9 Februari 2015 pada saat seleksi kualitas, sedangkan profile assessment dilaksanakan pada 7-8 Maret 2015 di Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung bekerja sama dengan PT Ouantum HRM Internasional selaku pemenang lelang jasa konsultansi profile assessment calon hakim agung.

portal PA Bima

‎Investigasi dalam rangka penelusuran rekam jejak mulai dilaksanakan sejak pengumuman kelulusan administrasi calon hakim agung pada Februari sampai dengan Maret 2015, sedangkan analisa LHKPN dilaksanakan pada Februari sampai dengan Maret 2015 bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan klarifikasi oleh Komisioner Komisi Yudisial dilaksanakan pada 6-24 April 2015.

Dalam tahap III ini, Komisi Yudisial telah meloloskan 18 CHA untuk ikut tahap selanjutnya, yakni tahap IV atau wawancara terbuka. Dalam tahap akhir itu, KY akan mengonfirmasi seluruh data dan informasi terkait track record yang diperoleh KY selama proses seleksi dilakukan.

‎‎”Dari 32 CHA yang mengikuti seleksi tahap III (kepribadian), sebanyak 18 orang dinyatakan lulus seleksi kepribadian untuk selanjutnya mengikuti seleksi  wawancara terbuka untuk umum.”

Tahap IV itu sendiri akan dilakukan pada 22-25 Juni 2015. Wawancara terbuka untuk umum itu digelar di Kantor Komisi Yudisial, Jalan Kramat Raya No 57, Jakarta Pusat.‎

Adapun, 8 jabatan Hakim Agung yang kosong itu, yakni 1 Hakim Agung Kamar Agama‎, 2 Hakim Agung Kamar Perdata‎, 2 Hakim Agung Kamar TUN, 2 Hakim Agung Kamar Pidana, dan 1 Hakim Agung Kamar Militer.‎ (Mvi/Mut)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.