Prosedur Berperkara di PA Bima

968
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

featured

LANGKAH-LANGKAH BERPERKARA

A. PENDAFTARAN PERKARA

portal PA Bima

DESKRIPSI :
– Pelayanan Prima Pengadilan Agama kepada masyarakat pencari keadilan
– Memberi pelayanan jasa publik dan pelayanan administratif secara sederhana, tepat dan terukur

URAIAN PELAYANAN

UNIT PEJABAT TERKAIT

WAKTU PENYELESAIAN

1 Menerima Surat Gugatan / Permohonan sebanyak para Pihak ditambah 3 Eksemplar. Meja 1 5 Menit
2 Meneliti Surat Gugatan / Permohonan yang diajukan oleh Penggugat / Pemohon. Meja 1 5 Menit
3 Menaksir panjar biaya perkara dan membuat SKUM rangkap 3 serta menyerahkan SKUM tersebut kepada Penggugat / Pemohon agar membayar panjar biaya perkara pada bank yang ditunjuk. Meja 1 5 Menit
4 Menerima Struk Pembayaran panjar biaya perkara sesuai SKUM dari Bank yang ditunjuk. Kasir 5 Menit
5 Memberi tanda lunas dan nomor perkara pada SKUM setelah Penggugat / Pemohon membayar panjar biaya perkara di bank yang ditunjuk. Kasir 5 Menit
6 Mencatat panjar biaya perkara dalam Buku Induk Keuangan Perkara dan Jurnal Perkara yang bersangkutan. Kasir 5 Menit
7 Membubuhkan nomor perkara pada surat Gugatan / Permohonan dengan stempel yang telah ditetapkan. Kasir 5 Menit
8 Menyerahkan SKUM lembar pertama kepada Penggugat / Pemohon untuk disimpan yang bersangkutan. Kasir 2 Menit
9 Menyerahkan berkas perkara berisi Surat Gugatan / Permohonan beserta SKUM lembar kedua kepada Penggugat / Pemohon untuk mendaftar perkaranya pada petugas Meja III. Meja 1 15 Menit
10 Mencatat perkara Gugatan dalam buku register gugatan dan perkara Permohonan dalam buku register permohonan. Meja II 5 Menit
11 Penunjukan Majelis Hakim terhadap perkara yang telah terdaftar dalam register. Ketua 5 Menit
12 Penunjukan Panitera Pengganti terhadap berkas yang telah ditunjuk Majelis Hakim nya. Panitera 5 Menit
13 Penetapan Hari Sidang. KMH 5 Menit


B. PENYELESAIAN PERKARA

DESKRIPSI :
– Pelayanan Prima Pengadilan Agama kepada masyarakat pencari keadilan
– Memberi pelayanan jasa publik dan pelayanan administratif secara sederhana, tepat dan terukur

URAIAN PELAYANAN

UNIT PEJABAT TERKAIT

WAKTU PENYELESAIAN

1 Memberikan Instrumen PBT ke JS/JSP untuk menyampaikan Pemberitahuan Putusan bagi pihak yang tidak hadir ketika sidang Pembacaan Putusan. KMH 5 Menit
2 Pengetikan Surat Pemberitahuan Isi Putusan. JSP 5 Menit
3 Penyampaian Surat Pemberitahuan Isi Putusan. JSP 120 Menit
4 Penyerahan Surat Pemberitahuan Isi Putusan ke Panmud Gugatan. JSP 5 Menit
5 Penyampaian berkas yang sudah ingkrah ke Meja III. Panmud 5 Menit
6 Pencatatan Akta Cerai di Register AC. Meja III 5 Menit
7 Pengetikan Akta Cerai. Meja III 5 Menit
8 Penggandaan Salinan Putusan. Meja III 10 Menit
9 Membubuhkan paraf pada AC dan salinan putusan. Meja 1 15 Menit
10 Membubuhkan paraf pada AC dan salinan putusan. Wakil Panitera 5 Menit
11 Penandatanganan Akta Cerai oleh Panitera. Panitera 5 Menit
12 Penyerahan Akta Cerai / Salinan Putusan kepada para pihak. Meja III 5 Menit
13 Pengarsipan Berkas Perkara. Panmud Hukum 10 Menit
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.