[Kota_Bima] Jum’at (27/03/2015)

Bertempat di ruang sidang 1 Kantor Pengadilan Agama Bima diadakan kegiatan sosialisasi pengisisan data NPWP on-line (e-Filling) oleh pegawai KPP Pratama Cabang Bima yang diikuti oleh para Hakim dan pegawai-pegawai Kantor Pengadilan Agama Bima. Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan sambutan dari Plh. Wakil Ketua PA Bima Bapak Drs. Rustam. Dalam kesempatan ini pemateri dari KPP Pratama Cabang Bima menjelaskan tentang fungsi dari  e-Filling serta sekaligus menjelaskan tatacara pendaftaran dan data-data apa saja yang diperlukan dalam proses pendaftaran wajib pajak .

e-Registration atau Sistem Pendaftaran Wajib Pajak secara Online adalah sistem aplikasi bagian dari Sistem Informasi Perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak dengan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak. Sistem ini terbagi dua bagian, yaitu sistem yang dipergunakan oleh Wajib Pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran Wajib Pajak secara online dan sistem yang dipergunakan oleh Petugas Pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak.

portal PA Bima

Untuk keperluan pendaftaran, Hakim dan Pegawai Kantor Pengadilan Agama Bima menyiapkan beberapa berkas berupa kartu NPWP, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan alamat e-mail pribadi dan dalam kesempatan ini beberapa diantara peserta sosialisasi langsung melakukan pendaftaran sembari dibimbing langsung oleh pemateri.