Kunjungan Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTB

28

[Kota Bima, 30 April 2018] Berselang 2 minggu setelah kedatangan Ketua PTA Nusa Tenggara Barat berserta tim ke Pengadilan Agama Bima (selengkapnya : kunjungan KPTA). Pada 25 April 2018, PA Bima kembali dikunjungi oleh tim dari PTA NTB. Kunjungan kali ini dilakukan oleh Tim Pelaksana Pembinaan dan Pengawasan Daerah Wilayah PTA NTB untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Tingkat Pertama yang ada di wilayahnya. Sebelumnya, pada 23 April 2018 Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTB telah melakukan pembinaan di PA Dompu lalu 25 April 2018 sampai dengan 27 April 2018 giliran PA Bima.

Tim Pembinaan dan Pengawasan untuk PA Bima terdiri dari 6 (enam) orang yang diketuai oleh Hakim Tinggi Drs. H. Nasikhin A. Manan, SH., MH. Kunjugan tim langsung disambut oleh Ketua PA Bima diruang kerjanya bersama dengan Wakil Ketua PA Bima, Panitera dan Sekretaris PA Bima. Selama 3 hari kunjungan tersebut, tim PTA NTB melakukan pemeriksaan pada bagian register perkara (Baik perkara tingkat pertama, Banding dan Kasasi), keuangan perkara,  kepegawaian, Pelaporan, Saspras dan juga SIPP.

Jumat pagi (27/04/2018) mengambil tempat di ‘Ruang Sidang A’ PA Bima, Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTB melakukan ekspos terhadap beberapa temuan-temuan yang didapatkan saat pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, secara umum PA Bima telah menjalankan fungsi dan kewajibannya dengan baik walaupun ada beberapa kealpaan yang dapat segera diperbaiki.

portal PA Bima

Dalam penutupannya, Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTB menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan bukanlah digunakan untuk mencari-cari kesalahan, melainkan bentuk ‘rasa sayang’ guna membentuk Pengadilan Agama Bima menjadi pengadilan yang baik.

Kegiatan Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA NTB diakhiri dengan melakukan foto bersama dengan jajaran pimpinan PA Bima.