Eksaminasi Perkara

934

Kota Bima, 19/02/2016

[pa-bima.go.id] Eksaminasi bundel perkara dilakukan oleh Wakil Ketua PA Bima beserta Hakim, Panitera Muda Hukum, Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti, serta Kasir Pengadilan Agama Bima. Bertempat di Ruang Wakil Ketua PA Bima dalam suasana yang sederhana proses eksaminasi perkara dilakukan tanpa mengurai kualitas proses tersebut.

Sebanyak 5 (lima) Perkara yang dieksaminasi dari 10 (sepuluh) perkara yang direncanakan. Perkara yang dibedah adalah perkara-perkara pada tahun 2015 yang diambil secara acak. 5 (lima) perkara yang dieksaminasi terdiri dari perkara Harta Bersama, Cerai Talak, Cerai Gugat dan Perkara Itsbat Kontensius.

portal PA Bima

Dari hasil eksaminasi, di temukan beberapa kesalahan/kelalaian. Diantaranya Ketidak cocokan relaas dengan jurnal perkara; Kesalahan penempatan alat bukti dalam BAS (Berita Acara Sidang); Adanya perbedaan BAS dengan jurnal; Kesalahan penulisahan tahun dalam BAS.

Dari temuan tersebut Wakil Ketua PA Bima, Drs. H. Mukhtar Gani, SH., MH. memerintahkan untuk diperbaiki Panitera Pengganti yang bersangkutan lalu hasil perbaikan tersebut segera diserahkan kepada Panitera Muda Hukum.Kegiatan eksaminasi berikutnya akan diadakan Jumat (26/02/2016) pekan depan dengan rencana membedah 5 bundel perkara yang tersisa.